Pages

Subscribe:
Welcome to my blog! And thank you for visited. Happy reading! :)

Jumat, 29 Maret 2013

Naskah Drama - Tugas Sekolah


Bingung drama apa yang akan kalian mainkan sebagai tugas sekolah? Tidak ada inspirasi untuk membuat? Waktu yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru terlalu singkat? Semua dapat teratasi! Karena kali ini saya akan membagi drama yang sudah saya buat sebelumnya serta sudah saya mainkan bersama teman satu kelompok saya. Semoga bisa bermanfaat. Sekedar info, drama ini bisa dimainkan oleh 6-9 orang termasuk narator.

Tema : Murid Badung
(By : Anggit Eka Y.)

Pemeran : (hanya contoh)
1.      Andika F. N (sbg. Rendi dan Pak. Sulaiman Suryodiningrat)
2.      Angelia K (sbg. Narator dan Tiara)
3.      Anggit Eka Y (sbg. Putri dan Bu. Indri)
4.      Anindita S. P (sbg. Yoma )
5.      Anindito Y. P (sbg. Pangestu Suryodiningrat)
6.      Aqmal R (sbg. Rama)


Pendaftaran, penyeleksian dan penerimaan murid baru sudah selesai. Tidak lengkap rasanya jika di satu sekolah tidak diadakan MOS untuk murid baru. Hari ini hari Rabu. Hari dimana pembacaan ruang untuk MOS plus siapa-siapa aja yang bakal jadi sekawan seperjuangan melewati MOS. Pak Sulaiman, adalah kepala sekolah SMP Tunas Bangsa tercinta yang ngebacain pengumuman itu. Badannya yang gendut dan gaya keratonnya ngebedain banget sama guru-guru yang lain.

Pak Sulaiman : Anak-anak yang Bapak sayangi dan Bapak banggakan, Bapak sangat senang dengan kedatangan muka-muka ceria generasi Bangsa yang dapat menimba ilmu di sekolah kita tecinta. Pagi yang cerah ini, Bapak akan membacakan kelas MOS kalian besok. Ini hanya kelas sementara sampai MOS selesai. Dan kelas terakhir, kelas semut. Rama Putro Baskoro, Rendi Maharja Pratama, Tiara Rahmawati dan Tania Yoma Namira

---
Rama   : Sial! Kenapa harus kelas terakhir!

Tiara    : Aku ga nyangka kita sekelas MOS! Aku senang kita bisa sekelas

Rendi   : Iya Ra, aku juga senang kok. Oh ya, kenalin ini Yoma, temen se SD

Yoma   : Hai, aku Yoma

Tiara    : Aku Tiara, salam kenal ya. Gimana kabar kamu hari ini?

Yoma   : Ya

Rendi   : Ra, Yoma orangnya emang agak cuek sama orang yang baru dikenal. Jadi jangan dimasukin ke hati ya jawabannya barusan

Tiara    : Oh, oke

Hari ini hari Kamis. Hari dimana MOS resmi dimulai. Tiara, Rendi, dan Yoma sudah siap dengan properti yang harus mereka bawa hari ini. Tapi tidak pada Rama. Rama kesiangan  karena semalem nonton bola. Dia juga lupa sama properti yang seharusnya dia bawa.

Putri    : Pagi dek, kenalin aku Putri. Yang bakal nge-MOS kalian selama 2 hari. Oh ya kenalin ini..

Pangestu : Aku Pangestu Suryodiningrat, anak kepala sekolah sekaligus ketua OSIS di sekolah ini

Putri    : Udah deh, ga usah tebar pesona gitu. Kampungan tauuu. Sekarang giliran kalian kenalin diri dan cek perlengkapan ya. Dimulai dari kamu (tunjuk Rendi)

Rendi   : Aku Rendi Maharja Pratama dari SD 001 Balikpapan Selatan

Tiara    : Hai kak, saya Tiara Rahmawati dari SD Kencana Balikpapan Barat

Yoma   : Tania Yoma Namira, SD 001 Balikpapan Selatan

Pangestu : Ini kok Cuma 3! Satunya mana!

Rama   : Disini. Sorry telat

Putri    : Tunggu anak baru. Kamu ga punya sopan santun ya. Kenapa kamu telat?

Rama   : Kesiangan

Pangestu : Properti? Di Mana?

Rama   : Ga bawa

Putri    : Kamu bisa jawab lebih lengkap ga sih? Minta maaf kek sebelumnya. Jelasin yang lengkap kenapa bisa telat!

Pangestu : Ga usah pake penjelasan segala. Cepat kamu ke bawah tiang bendera!

Putri    : Apa ga kecepatan kita hukum dia Tu? Ini baru mulai, belum juga satu jam

Pangestu : Aku ketua OSIS di sini. Diam trus ikutin!

Putri    : Gayamu. Dasar anak kepsek

Pangestu : Anak telat. Siapa namamu?

Rama   : Rama. Ngapain nanya-nanya

Pangestu : Tulis nama kamu di sini, cepat ke tiang bendera

Rama   : Aku ga mau! Aku cuma mau duduk trus dengar ocehan mu lagi di sini

Pangestu : Kurang ajar! Cepat kelapangan! (narik tangan Rama)

      Sementara Pangestu menghukum Rama di lapangan, Putri ngelanjutin nge MOS nya di kelas.

Putri    : Kita lupain aja kejadian barusan. Sekarang aku mau kalian satu per satu ngejelasin kenapa mau masuk SMP Tunas Bangsa

Yoma   : Aku milih SMP Tunas Bangsa karena sekolahnya favorit

Rendi   : Aku mau lebih ngembangin ilmu ku disini kak

Tiara    : Emang sudah dari SD aku mau masuk sekolah ini. Selain sekolah favorit, sekolah ini juga didominasi anak pintar

Pangestu : Puuuuttrrrrriiii (Pangestu teriak manggil Putri)

Putri    : Kenapa sih Tu? Ngapain teriak segala

Pangestu :  Anak yang telat tadi kabur!

Putri    : Ko bisa? Kamu ga jaga?

Pangestu : Tadi cuma aku tinggal sebentar ambil kantong kresek biar dia bersihin halaman ini

Putri    : Ya udah lah aku cari dia dulu. Kamu sih, sana kamu gantiin aku deh di kelas

      Pangestu pun segera menuju kelas untuk melanjutkan kegiatan MOS. Dari pagi sampai selesai Putri tidak juga kembali ke kelas. Sampai akhirnya bel berbunyi (kriiiiiiiing).

Pangestu : MOS hari ini selesai. Kalian bisa berdo’a masing-masing dan pulang (pergi ninggalin kelas)

Tiara    : Ren, Yom ke kantin yuk

Rendi   : Aku mau langsung pulang Ra, aku sudah dijemput di atas. Kamu bareng Yoma aja

Yoma   : Ya udah deh, bye Ren. Hati-hati ya. Yuk Ra ke kantin

Tiara    : Yuk

      Waktu jalan ke kantin, mereka berdua tidak sengaja melihat Rama sedang duduk di depan Lap. IPA. Tapi tidak sempat menegur, Ka Putri datang.

Yoma   : Eh Ra, itu bukannya anak yang tadi telat ya?

Tiara    : Oh iya, ngapain ya dia di situ?

Putri    : Tiara, Putri, liat ka Pangestu ga?

Tiara, Yoma    : eee enggak ka, emangnya kenapa ka?

Putri    : Gapapa ko de, thanks ya

Tiara    : Oke ka

Yoma   : Eh, anak yang tadi mana? Ko hilang

Tiara    : Udah lah Yom, mending kita langsung ke kantin. Makan, minum, kenyang trus pulang.

      Hari ke 2 MOS dimulai. Rama, anak yang kemaren datang telat dan tidak membawa properti satupun datang paling pagi dari anak-anak yang lain. Dan kebetulan Pangestu datang pagi karena bawa motor sendiri.

Rama   : Telat! Ga malu apa sama yang juniornya

Pangestu : Heh ngaca kamu, jangan ngomong sembarangan. Aku bisa aja aku keluarin kamu dari sekolah ini! Aku anak kepsek. Inget tu. Catet di jidat (Pangestu ninggalin kelas karena marah sama Rama)

Rama   : Anak kepsek aja bangga. Aku nih, anak Sapri Supardi bin Rajawali

(narator : tidak lama kemudian, Tiara, Yoma dan Rendi datang)

Tiara    : Ayo kita masuk kelas

Yoma, Rendi    : Ayoo

Tiara    : Hai, kamu Rama kn?

Rama   : Iya, knapa? (Rama keluar kelas ninggalin Tiara)

Rendi   : Udah lah Ra, anak kaya gitu ngapain kamu sapa

Yoma   : Bener tuh kata Rendi, bentar lagi bel bunyi ayo kita masuk.

(narator : tidak sampai semenit bel berbunyi, kriiiing!!!!)

Pangestu : Pagi de, ga tau ada angin apa ya kelas kita lengkap

Rama   : Nyindir saya kak?

Putri    : Udahlah, masalah kemaren jangan digedein. Sekarang tugas kalian gambar sesingkat mungkin denah gapura utama sampai ke kelas ini. Sebelumnya, Rama kamu pimpin do’a

Rama   : (pimpin do’a)

Yoma   : Ka, kalau udah selesai kumpul dimana?

Pangestu : Bawa sini

Putri    : Semua denah sudah selesai, sekarang kita keluar buat lihat-lihat isi sekolah. Pakai tas kalian dan jangan ada properti yang kalian tinggal

      Waktu keluar kelas, Rama sengaja nginjak kaki Yoma. Sontak, Yoma marah dan menginjak balik kaki Rama. Karena mereka saling keras kepala, perkelahian pun tidak bisa dihindari.

Yoma   : Heh! Berani ya kamu nginjak kakiku

Rama   : Loh, kalau saya mau

Yoma   : Apa kamu (angkat tangan seraya mau mukul)

Rama   : Kenapa? Mau mukul? Sini pukul

(narator : Yoma pun memukul Rama dan mereka pun bertengkar. Tiba-tiba ka Putri datang)

Putri    : Stop! Apa-apaan nih. Berhenti dan cepat minta maaf

Rama   : (ninggalin Putri dan Yoma)

Putri    : Kamu ga papakan Yom?

Yoma   : Gapapa ko ka. Ya udah, ayo kita susul yang lain

      Tidak terasa, MOS sudah selesai. Waktu pulang sekolah Pangestu diserempet mobil dan jatuh dari motornya. Tanpa diduga, Rama lewat dan menolong Pangestu serta mengantarkannya sampai rumah.

Rama   : Ka, kenapa? Sini aku bantu

Pangestu : Barusan diserempet mobil. Makasih ya

Rama   : Udahlah. Makasihnya nanti aja. Sini aku antar pulang

(narator : Rama pun mengantar Pangestu pulang)

      Setelah kejadian kemaren, Pangestu merasa hutang budi pada Rama. Keesokan harinya Pangestu mendatangi Rama dan mengucapkan terima kasih padanya. Hingga akhirnya mereka berteman cukup akrab.

Pangestu : Rama, makasih kemaren

Rama   : Udahlah, gamasalah

Pangestu : Emang dasar Rama (tepuk kepala Rama)

Rama   : Kantin yo kak

Pangestu : Ayo, tenang biar ku traktir

      Semakin hari, Rama dan Pangestu pun semakin akrab. Bisa dibilang mereka seperti kakak beradik yang selalu bersama. Rama dan Pangestu memang perpaduan yang cocok karena sama-sama nakal. Karena dekat dengan Pangestu, Rama juga sangat merasa aman karena selain terkenal di sekolah bersama Pangestu, dia juga sudah terkenal di kalangan guru karena nakalnya. Sampai akhirnya ada sesuatu yang menyebabkan Rama dikeluarkan dari sekolah.

Bu Indri : Selamat Pagi anak-anak. Hari ini ibu anak mengajarkan tentang letak astronomis,  geografis dan geologis suatu wilayah. Yoma, coba km jelaskan definisi letak astronomis suatu wilayah.

Yoma   : Yaitu letak suatu daerah berdasarkan garis lintang dan bujurnya bu

Bu Indri : Bagus Yoma. Sekarang Tiara, coba jelaskan letak geografis

Tiara    : Baik bu, letak gografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan keadaan sebenarnya yang dilihat dari permukaan bumi. Contohnya Indonesia yang diapit oleh dua samudra dan dua benua, yaitu Samudra Hindia dan Pasifik serta Benua Asia dan Australia

Bu Indri : Bagus sekali Tiara. Sekarang Rama, coba jelaskan letak geologis suatu wilayah

Rama   : (melempar gulungan kertas ke Bu Indri). Saya tidak mau bu, saya tidak suka pelajaran ibu. Membosanan dan tidak berguna!

Bu Indri : (keluar kelas meninggalkan pelajaran)

      Tanpa sengaja Yoma mengikuti bu Indri dan melihat Bu Indri sedang menangis. Yoma pun berusaha untuk menenangkan Bu Indri.

Yoma   : Bu, kenapa Ibu disini? Kenapa Ibu menangis?

Bu Indri : Ibu gapapa ko nak, lebih baik kamu masuk kelas, ibu ingin ke kantor Pak Sulaiman sebentar

Yoma   : Baik bu

(narator : sementara itu di kelas)

Rendi   : Rama, kamu itu apa-apaan sih! Bisa-bisanya kamu bicara kaya gitu ke Bu Indri

Rama   : Itu masalah ku. Jangan pernah ikut campur (pergi ninggalin Rendi)

(narator : sementara itu di kantor Pak Sulaiman)

Bu Indri : Permisi Pak, boleh saya masuk

Pak Sulaiman : Monggo-monggo. Ada apaya? Ko mukanya lesu begitu

Bu Indri : Begini Pak, bukannya saya lancang, tapi saya sudah tidak tahan dengan sikap dan perilaku Rama Putro Baskoro. Saya menyarankan untuk Bapak mengeluarkan dia dari sekolah ini

Pak Sulaiman : Loh loh, sebenarnya ada apa dengan ibu Indri ini? Silahkan ibu cerita kepada saya

Bu Indri : Saya telah mengajar selama 10 tahun seperti yang Bapak tau, tapi saya baru pertama kali merasakan ada murid yang tega melempar kertas kepada saya. Saya sangat kecewa dengan apa yang telah dilakukan murid tersebut Pak

Pak Sulaiman : Jadi maksud Ibu apakah Rama telah melakukan perbuatan itu? Baiklah Bu, setelah saya pertimbangkan pernyataan dan keputusan Ibu serta beberapa guru sebelumnya yang bercerita, saya menyatakan untuk mengeluarkan Rama dari sekolah kita
Bu Indri : Baik Pak, saya permisi keluar

Pak Sulaiman : Silahkan bu, terima kasih atas laporan Ibu

Bu Indri : Iya Pak, sama-sama

      Sesaat setelah selesainya perbincangan singkat antara Bu Indri dan Pak Sulaiman. Pak Sulaiman pun langsung menelpon orang tua dari Rama untuk mengambil surat pengeluran Rama dari sekolah akibat perilakunya yang sudah keterlaluan itu.

-TAMAT-

3 komentar: